06/03/10

Andalusia, bukti islam pernah jaya

andalusia..pernah dengar kata itu? ya, andalusia merupakan salah satu bukti masa kejayaan dan keemasan peradaban islam di daerah eropa. Sebelum kedatangan umat Islam, daerah Iberia merupakan kerajaan Hispania yang dikuasai oleh orang Kristen Visigoth. Pada tahun 711 M, pasukan Umayyah yang sebagian besar merupakan bangsa Moor dari Afrika Barat Laut, menyerbu Hispania dipimpin jenderal Tariq bin Ziyad, dan dibawah perintah dari Kekhalifahan Umayyah di Damaskus.
Pasukan ini mendarat di Gibraltar pada 30 April, dan terus menuju utara. Setelah mengalahkan Raja Roderic dari Visigoth dalam Pertempuran Guadalete ( 711 M ), kekuasaan Islam terus berkembang hingga pada tahun 719 M. luas wilayahnya sekitar 700 ribu km2, meliputi sebagian besar wilayah spanyol sekarang, seluruh wilayah portugis, dan sebagian besar wilayah bagian selatan perancis. peradaban yang tumbuh di andalusia saat itu merupakan peradaban yang tinggi karena peradaban yang dibangun didasarkan atas sendi-sendi agama islam.


Sementara pada masa itu, barat yang notabene dihuni oleh orang-orang nasrani berada pada masa kegelapan. masa yang membuat mereka menjadi bangsa yang kalah dan terpinggirkan serta terlupakan.
Ustadz muhammad Al-Husaini Rakha mengatakan, “Andalusia pada masa pemerintahan bangsa arab menjadi markas seni dan industri, serat mercusuar ilmu pengetahuan. pada saat yang sama, negara-negara eropa tenggelam dalam lautan kebodohan. Orang-orang eropa aktif berinteraksi dengan orang-orang arab dan menimba ilmu dari mereka serta mengambil manfaat dari peradaban mereka. Para mahasiswa dari seluruh dari seluruh penjuru eropa berdatangan ke spanyol dan memanfaatkan perpustakaan-perpustakaan yang tersebar di sana-sini. Setelah masa belajarnya selesai, mereka pulang ke negaranya masing-masing untuk menyebarkan ilmu yang mereka pelajari dari orang-orang arab”
“Dan dia antara bukti kebesaran peradaban spanyol bahwa di Cordova saja terdapat lima puluh rumah sakit, sembilan ratus toilet, delapan ratus sekolah, enam ratus masjid, perpustakaan umum yang memuat enam ratus ribu buku dan tujuh puluh perpustakaan pribadi lainnya”
“Jika matahari telah terbenam, seluruh kota-kota besar eropa terlihat gelap gulita. di sisi lain, cordova terang-benderang disinari lampu-lampu umum. Eropa sangat kumuh sementara di kota cordova telah dibangun seribu WC umum. eropa sangat kotor sementara penduduk cordova sangat concern dengan kebersihan. Eropa tenggelam dalam lumpur sementara jala-jalan cordova telah mulus. Atap istana-istana eropa sudah pada bocor, sementara di istana-istana cordova dihiasi dengan perhiasan yang mewah. para tokoh eropa tidak bisa menulis namanya sendiri sementara anak-anak cordova sudah mulai masuk sekolah...”
Umat Islam di Spanyol telah mencapai kejayaan yang gemilang, banyak prestasi yang mereka peroleh, bahkan pengaruhnya membawa Eropa dan juga dunia kepada kemajuan yang lebih kompleks, terutama dalam hal kemajuan intelektual. Dalam masa lebih dari tujuh abad kekuasaan Islam di Spanyol, umat Islam telah mencapai kejayaannya di sana. Banyak prestasi yang mereka peroleh, bahkan pengaruhnya membawa Eropa, dan kemudian membawa dunia kepada kemajuan yang lebih kompleks.

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP